Banyak sekali cara mencari uang di internet, tinggal kita pandai milih-milih aja mana yang benar-benar membayar dan mana yang cuma boongan doang. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah rasionalitas dari suatu program online earning, maksudnya bila program tersebut menjanjikan hal-hal yang kurang masuk akal, kaya dengan cara instan, percaya deh semua itu pasti bohongan, kalau dalam istilah internetnya disebut scam.
Nah, untuk menghindari hal tersebut, kita bisa melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk  bergabung dengan salah satu program online earning. Cara yang bisa kita lakukan adalah dengan mengetikkan nama program yang akan kita ikuti ditambah dengan kata scam. Disana anda akan menemukan banyak informasi mengenai situs yang bersangkutan, bila ternyata banyak yang mengatakan scam, jangan anda ikuti.
Oke, sekarang saya akan memperkenalkan salah satu program online earning yang benar-benar membayar. Program ini disebut Paid to Review, atau banyak yang menyingkatnya dengan PTR. Disini kita akan menghasilkan uang dengan melakukan review terhadap situs yang memasang iklan pada situs broker yang kita ikuti. Salah satu contoh broker tersebut adalah Blogsvertise. Bagaimana caranya?
Pertama-tama kita mendaftar dulu sebagai publisher di Blogsvertise, masukkan semua data yang diperlukan dan jangan lupa juga masukkan blog yang sudah mempunyai Pagerank. Pagerank? Ya, benar sekali, kalau kita mendaftarkan blog yang belum mempunyai Pagerank, apalagi jika ranking Alexanya juga jeblok, sangat kecil kemungkinan kita akan mendapatkan job. Kalau sudah begitu, ya kemungkinan dapet uang dari internet juga kecil dong :)
Nah, berarti untuk dapat menghasilkan uang dari situs PTR kita harus bekerja keras membangun blog agar memiliki pagerank yang bagus dan juga mempunyai traffic yang banyak. Kalau sudah demikian, Insya Allah job demi job pun akan mudah mengalir ke email anda :)
Namun, ada resiko yang harus dihadapi dengan mengikuti program PTR ini, yaitu pagerank kita menjadi taruhannya. Mengapa demikian? Karena dengan mengikuti program ini, kita akan mengirimkan link ke situs pengiklan, biasanya sebanyak 3 link. Nah, rupanya itulah yang bisa menyebabkan pagerank blog kita turun. Konon katanya Google tidak suka dengan PTR ini he...
Apakah tidak ada solusi? Yah, namanya manusia kan punya akal, kalo dicari-cari bisa aja ketemu solusinya. Awalnya sebelum menerapkan strategi ini, pagerank blog saya juga kehantam dari 4 menjadi 3. Tapi sekarang setelah menerapkan strategi itu, alhamdulillah bertahan di 3 walaupun udah menulis review cukup banyak :)
Lalu strateginya bagaimana? Strategi ini strategi itu, apa dong he..... Ntar aja deh kita lanjutin, soalnya udah kepanjangan ni postingannya .... :)