Seperti yang sudah saya tulis dalam artikel bisnis sebelumnya, salah satu cara untuk mendapatkan uang dari internet adalah dengan mengikuti program Paid Review, yaitu kita menulis tentang blog orang lain di situs atau blog kita dengan menyertakan link yang diminta oleh pemilik website atau blog tersebut.

Resiko dari bermain Paid Review adalah Page Rank blog kita bisa turun dan lebih "mengerikannya" lagi, ada seorang teman yang blognya langsung kembali ke asal alias nol. Memang sih, bila dibandingkan dengan bermain PTC, bisnis Paid Review memang cukup menjanjikan terutama bila anda mempunyai blog yang punya traffic banyak dan pagerank tinggi. Disini khusus saya akan membicarakan mengenai Blogsvertise, karena hanya situs ini yang saya ikuti.
Untuk memulai mengais uang dari Blogsvertise, pertama-tama tentu kita harus mendaftar dulu sebagai blogger atau publisher. Nah, nanti blog kita akan direview oleh admin dan bila memenuhi syarat maka status keanggotaan kita akan diapprove alias diterima sebagai anggota Blogsvertise. Kalo udah diterima, selanjutnya kita tinggal maintenance blog aja biar traffic dan pageranknya tetep bagus karena kita tidak perlu melakukan bid untuk mendapatkan job. Admin Blogsvertise akan mengirimkan job kepada kita bila ada job yang datang ke mereka dan mereka anggap kita layak untuk mengerjakannya. Enak kan? Nga usah cape-cape ngebid.
Sampai saat ditulisnya artikel ini, saya juga dapet job baru lagi dari BV yang belum sempet dikerjakan. Saya cuma mendaftarkan satu blog ke BV, tapi walaupun cuma satu blog dengan PR 4, lumayan buat nambah-nambah uang jajan :). Ni dia job-job yang pernah saya terima dari BV :
Lumayan kan? ada dua lagi yang belum dibayar plus satu lagi yang belum dikerjain senilai $9. Ketika kita mendapatkan job dari BV, job tersebut akan masuk ke email kita dengan sendernya "notices". Bila anda menerima email dengan sender seperti itu, berbahagialah he.... Selanjutnya kita kerjakan job tersebut dan submit setelah selesai dengan memasukkan link URL artikelnya. Setelah kita submit, tunggu deh apakah tulisan kita diapprove oleh admin ato ngga. Kalo menurut admin tulisan kita ada yang kurang, nanti ada email pemberitahuan bahwa kita harus memperbaiki tulisan kita. Selama ini, saya baru satu kali mengalami itu, selebihnya alhamdulillah diterima terus :) yang penting artikel kita harus original ngga boleh copas alias copy paste. Kalo mau nyontek, ya pinter-pinterlah mengakalinya jangan sampai sama persis.
Trus bagaimana cara mengetahui bahwa tulisan kita diapprove oleh admin? Pada menu "Task Management" lihatlah di sebelah kanan atas ada menu dropdown yang berisi "waiting for approval", "approved by admin" dan sebagainya. Nah, pilih aja "approved by admin", kalo judul tulisan kita ada, berarti udah diapprove oleh admin. Kalo udah gitu, tinggal nunggu gajian deh 30 hari kedepan. Kok 30 hari? Ya, memang begitulah aturannya, kita diharuskan menunggu selama 30 hari setelah tulisan kita diapprove oleh admin. Misalnya tulisan kita diapprove tanggal 5 April 2010, maka kita akan menerima pembayaran tanggal 6 Mei 2010 atau kadang-kadang agak sedikit terlambat apalagi jika tanggal tersebut jatuh pada hari libur.
Gimana? tertarik untuk terjun dalam bisnis internet yang satu ini? Selamat mencoba!